'/> Contoh Soal Pg Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Part-3

Info Populer 2022

Contoh Soal Pg Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Part-3

Contoh Soal Pg Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum
2013 Part-3
Contoh Soal Pg Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum
2013 Part-3
Contoh Soal PG Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Part-3 atau bab ketiga yang admin posting kali ini, berisikan materi soal yang berbeda dengan soal PG Prakarya dan KWU semester genap kelas 10 bab ke-1 hingga bagian ke-2 (nomor 11-20), alasannya bab ke-3 diambil dari Bab 2, "Rekayasa Produk Grafika", dengan soal-soal mengenai perjuangan produk grafika dan wirausaha produk grafika.

Berikut dibawah ini, soal prakarya beserta tanggapan kelas x semester genap K13 edisi revisi untuk siswa SMA/MA/sederajat dimulai dari pertanyaan soal nomor 21.

21. Berikut faktor-faktor wacana keberhasilan dalam perjuangan produk grafika, kecuali….
a. perencanaan yang sempurna dan matang
b. pengabdian yang tinggi
c. banyak dana
d. SDM handal dan teknologi tinggi
e. kebutuhan konsumen yang terpuaskan
Jawaban: c

22. Saat cetak sablon artwork yang telah dibentuk kemudian dilakukan afdruk di….
a. rakel
b. gleserin
c. tinta sablon
d. hair dryer
e. screen
Jawaban: e
Pembahasan: cetak sablon sering disebut screen printing. Cetak jenis ini memakai screen/saring. Artwork yang telah dibentuk kemudian dilakukan afdruk di screen. Dari hasil afdruk itu kemudian dituang tinta dan disaput dengan rakel. Tinta yang disaput akan keluar dari screen ke media yang disablon. Cetak sablon sanggup diaplikasikan di banyak media, semisal: kertas, plastik, kain, besi, aluminium.

23. Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibentuk dengan software olah digital yaitu….
a. corel draw
b. notepad
c. pagemaker
d. indesign
e. flash
Jawaban: a
Pembahasan: cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas. Sebleum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork/desain yang dibentuk dengan software olah digital menyerupai coreldraw, photoshop, freehand dan lainnya kemudian selanjutnya dibentuk plat filmnya.  Dengan pita film tersebut kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin offset. Hasil percetakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya.

24. Berikut ini faktor eksternal dalam pemunculan ilham perjuangan percetakan/produk grafika, kecuali….
a. duduk masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
b. kesulitan yang dihadapi sehari-hari
c. kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain
d. pedoman yang besar untuk membuat sesuatu yang baru
e. pengetahuan yang dimiliki
Jawaban: e

25. Cetak yang hanya digunakan untuk peretakan kertas yaitu….
a. cetak offset
b. cetak dalam
c. cetak tinggi
d. cetak air brush
e. digital printing
Jawaban: a
Pembahasan: cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas, sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork desain dibentuk filmnya. Dengan film itu kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin. Hasil peretakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya.

26. Berikut yang tidak dievaluasi dalam perjuangan produk grafika….
a. keuntungan
b. penguasaan teknis
c. pemasaran
d. materi baku
e. devisa
Jawaban: e
Pembahasan: devisa merupakan pendapatan negara dari pembelian souvenir/cenderamata turis asing.

27. Buku produksi, buku penjualan, kuitansi, faktur penjualan dalam perjuangan produk grafika termasuk pada….
a. manajemen perjuangan besar
b. manajemen perjuangan kecil
c. perangkat manajemen usaha
d. manajemen umum
e. pembukuan
Jawaban: e
Pembahasan: dalam perjuangan kerajinan terdapat sistem pembukuan yang bersiklus supaya keuangan sanggup dihitung dan terlihat untung dan ruginya.

28. Berikut yang bukan termasuk ke dalam risiko menjalankan perjuangan produk grafika adalah….
a. analisis aspek risiko keuangan
b. analisis aspek risiko SDM
c. analisis aspek potensi besar
d. analisis aspek pelanggan
e. analisis aspek keuntungan
Jawaban: e
Pembahasan: analisis aspek keuntungan bukan masuk ke dalam resiko perjuangan tetapi penghitungan keuntungan rugi final produksi dan pemasaran.

29. Adanya biaya-biaya produksi, adanya pinjaman-pinjaman dan utang-utang perjuangan produk grafika yang besar, termasuk pada analisis aspek….
a. risiko SDM
b. risiko potensi pasar
c. risiko keuangan
d. risiko pelanggan
e. risiko aspek produk
Jawaban: c
Pembahasan: aspek resiko keuangan merupakan aspek yang digunakan untuk menilai keuangan perjuangan secara keseluruhan.

30. Sebelum aktivitas membuat perjuangan produk grafika hal pertama dimulai terlebih dahulu harus….
a. mengurus IMB
b. melaksanakan evaluasi
c. melaksanakan promosi
d. membuat biaya produksi
e. mengurus izin usaha
Jawaban: e
Pembahasan: supaya aktivitas perjuangan lancar, maka setiap wirausahawan wajib untuk mengurus dan mempunyai izin perjuangan dari instansi pemerintah yang sesuai dengan bidangnya.

Lanjut ke soal nomor 31-40 => Contoh Soal PG Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Part-4
Advertisement

Iklan Sidebar