'/> 8 Pola Surat Penawaran Harga Barang, Jasa, Kerjasama Dll [Lengkap]

Info Populer 2022

8 Pola Surat Penawaran Harga Barang, Jasa, Kerjasama Dll [Lengkap]

8 Pola Surat Penawaran Harga Barang, Jasa, Kerjasama Dll [Lengkap]
8 Pola Surat Penawaran Harga Barang, Jasa, Kerjasama Dll [Lengkap]

Bisnis merupakan kegiatan yang tak sanggup lepas dari kehidupan manusia. Aktifitas ini sudah dijalankan oleh insan semenjak zaman nabi dahulu. Manusia biasanya melaksanakan hal ini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mulai dari kebutuhan primer dan sekunder dan tak lupa juga memenuhi keinginannya demi memuaskan hidupnya selama ini.


Nah, semakin berkembangnya waktu ibarat zaman modern ibarat sekarang. Kamu yang calon pebisnis atau yang sudah menjadi pebisnis, perlu tau dan berguru apa itu ‘Surat Penawaran’. Surat penawaran ini biasanya digunakan oleh orang-orang pengusaha untuk melaksanakan kolaborasi ibarat proposal jasa atau barang dalam segi ekonomi.


Bagi kau yang ingin mencoba menciptakan surat penawaran atau bahkan memulai kolaborasi dengan perusahaan bekerjsama cukup mudah. Baca dan pahami artikel ini hingga selesai. Karena pada artikel ini akan membahas sekaligus memberi teladan perihal bagaimana cara menulis surat penawaran dengan baik dan benar. Agar kolaborasi bisnis mu terperinci dan terarah, artikel ini pastinya gampang buat kau pelajarin.



Pengertian Surat Penawaran


Surat penawaran ialah jenis surat perjuangan yang dibentuk untuk aktifitas bisnis dengan melaksanakan penawaran jasa atau suatu produk dari produsen kepada pelaku bisnis lain. Surat penawaran termasuk salah satu contoh surat resmi. Surat penawaran ini biasanya digunakan tidak hanya untuk aktifitas bisnis saja, tapi biasa digunakan oleh perusahaan untuk menjalin kolaborasi dengan perusahaan lain dalam bidang yang sama.


Hal–Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Surat Penawaran


Terdapat poin penting yang perlu kau ketahui soal surat penawaran yang akan kau buat. Beberapa diantaranya yakni :



  1. Surat penawaran ditulis oleh penjual dan diberikan kepada calon pembeli. Surat ini berisi informasi perihal perusahaan penjual dan jasa atau barang yang diproduksi semoga diketahui oleh calon pembeli.

  2. Tujuan dari surat ini ialah untuk meyakinkan calon pembeli semoga terjadinya proses trasanksi antar produsen dan pembeli.

  3. Terdiri dari tiga bagian, yaitu alenia pembuka, isi surat dan penutup. Serta yang paling penting harus memperhatikan dan memakai bahasa yang baik dan benar.


Isi Surat Penawaran


Untuk melengkapi dan terbentuknya sebuah surat penawaran, kau dihentikan melewatkan beberapa bab ibarat yang dijelaskan bawah ini, yaitu :



  1. Nama perusahaan dan bidang perjuangan yang dijalankan

  2. Gambaran umum kelebihan perusahaan yang dimiliki. Seperti tenaga ahli, peralatan yang digunakan, akomodasi dan lain-lain.

  3. Daftar rekam jejak, pekerjaan atau proyek yang pernah ditangani. Lengkapi juga dengan prospek yang dikehendaki oleh penjual

  4. Jika kau melaksanakan penawaran kepada instansi resmi, maka kau harus melampirkan daftar rekam jejak (TDR), surat izin perdagangan (SIUP) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP)


Cara Menulis Surat Penawaran Barang Atau Jasa


Terdapat tiga bab dalam surat penawaran ini yang perlu kau buat, beberapa penjelasannya ialah:



  1. Paragraf pertama



  • Pemberitahuan perihal hasil produksi atau produk–produk yang dimiliki

  • Sehubungan dengan iklan yang dibaca atau dengan kelanjutan pembicaraan dan lain-lain



  1. Isi surat


Berisi mengenai informasi lengkap soal detail jasa atau produk yang ditawarkan dan bertujuan untuk mengatakan keyakinan pada calon pembeli, semoga terjadinya proses trasanksi antar penjual dan pembeli.



  1. Paragraf penutup


Berisi perihal himbauan atau permintaan untuk menjalin sebuah kolaborasi yang saling menguntungkan antar kedua pihak.


Contoh Surat Penawaran Barang


Contoh Surat Penawaran Barang #1


 



 


 Malang, 10 Mei 2015


Kepada

Yth. Manajer General Affair

PT. Ahmad Jaya

Jl. Jakarta 23

Malang

Dengan hormat,


Melalui surat ini, perkenalkan kami dari Perusahaan yang berjulukan PT. Untung Komputer yang bekerja di bidang biro alat dan perlengkapan komputer.


Menurut informasi yang kami peroleh, PT. Ahmad Jaya yakni perusahaan properti yang sedang berkembang pesat dan akan membuka lagi beberapa kantor pemasaran di Malang. Sehubungan dengan hal itu, perkenankanlah kami menunjukkan beberapa produk alat dan perlengkapan komputer yang kami pasarkan. Bersama surat ini kami lampirkan daftar barang beserta harganya masing-masing.


Jika perusahaan Anda mendapatkan dan membutuhkan layanan kami, maka sanggup eksklusif menghubungi melalui nomor telepon 0341-98xxx dan kami akan mengantarkan barangnya serta menginstalasi peralatan yang dibutuhkan. Kami juga akan mengatakan harga khusus bila akumulasi pembelian lebih dari Rp 4.000.000,- (empat juta rupiah).


Kami berharap semoga penawaran ini sanggup dilanjutkan ke dalam suatu bentuk kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Apabila Saudara berminat, kami siap melaksanakan presentasi dan melaksanakan pembicaraan lebih lanjut.


Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.


 


Hormat kami,

PT. Untung Komputer


Handi Beni

Manajer Marketing


 




Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik #2


Bisnis merupakan kegiatan yang tak sanggup lepas dari kehidupan insan 8 Contoh Surat Penawaran Harga Barang, Jasa, Kerjasama dll [Lengkap]
scribd.com

Contoh Surat Penawaran Kerjasama


Surat penawaran kerjasama sangat sering digunakan dalam lingkup perusahaan, baik perusahaan yang besar maupun kecil. Mungkin sedikit berbeda dengan surat lainnya, dalam surat penawaran kerjasama terdapat UP / alamat perusahaan, tujuan pengiriman surat, jenis barang/jasa, harga dan lampiran. Berikut ini teladan surat penawaran kerjasama dari salah satu CV di Nganjuk:


 


 



Bisnis merupakan kegiatan yang tak sanggup lepas dari kehidupan insan 8 Contoh Surat Penawaran Harga Barang, Jasa, Kerjasama dll [Lengkap]
scribd.com

Nomor         : 31/PEN/KCJM/X/2017                                                                                                                            Nganjuk, 17 Oktober 2017

Lampiran    : –


 


Kepada Yth:

Kelompok Kerja XIX

Bagian Layanan Pengadaan Kabupaten Nganjuk

di

N G A N J U K


Perihal  : Penawaran Pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Candirejo – Sambijajar (loceret) (DBHCHT)


Sehubungan dengan pengumuman [Pelelangan Umum/Pemilihan Langsung] dengan Pascakualifikasi  dan    Dokumen    Pengadaan    nomor: 622/01/18.128/411.024/Pokja XIX/2017  tanggal 11 Oktober 2017  dan sesudah kami pelajari dengan saksama Dokumen  Pengadaan dan Berita Acara Pemberian Penjelasan [serta adendum Dokumen Pengadaan], dengan ini kami mengajukan  penawaran  untuk  pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Candirejo – Sambijajar (loceret) (DBHCHT) sebesar Rp. 511.271.000,- (Lima ratus sebelas juta dua ratus tujuh puluh satu ribu rupiah).


Penawaran ini sudah memperhatikan ketentuan dan persyaratan yang tercantum dalam Dokumen Pengadaan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.


Penawaran ini berlaku semenjak batas tamat pemasukan Dokumen Penawaran hingga dengan tanggal 20 November 2017


Sesuai dengan persyaratan, bersama Surat Penawaran ini kami lampirkan:



  1. Daftar Kuantitas dan Harga serta Analisa Satuan Pekerjaan;

    2. [Surat perjanjian kemitraan/Kerja Sama Operasi, apabila ada];

    3. Dokumen penawaran teknis, terdiri dari :

  2. Metoda Pelaksanaan;

  3. Jadwal Waktu Pelaksanaan;

  4. Daftar Personil Inti;

  5. Jenis, kapasitas, komposisi, dan jumlah peralatan utama minimal yang dibutuhkan;

  6. Spesifikasi teknis (apabila mengajukan spesifikasi teknis yang berbeda dari yang ditetapkan);

  7. Hasil pemindaian (scan) Surat Perjanjian Sewa Peralatan (apabila sewa) dan Hasil pemindaian (scan) Sertifikat Layak Operasi (khusus AMP);

  8. Hasil pemindaian (scan) Ijazah Personil Inti;

  9. Hasil pemindaian (scan) Sertifikat Keahlian (SKA) dan SertifikatKetrampilan (SKT) Personil Inti; dan

  10. [Bagian Pekerjaan yang akan disubkontrakkan, apabila ada].

  11. [Formulir rekapitulasi perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), apabila memenuhi syarat untuk diberikan preferensi harga];

  12. Analisa teknis dan pemberian bahan(apabila nilai penawaran dibawah 80% HPS); dan

  13. Dokumen Kualifikasi.


Dengan disampaikannya Surat Penawaran ini, maka kami menyatakan sanggup dan akan tunduk pada semua ketentuan yang tercantum dalam Dokumen Pengadaan.


 


CV.KARYA CITRA JAYA MANDIRI


 


EKO PRASETYO


Direktur


 




Contoh Surat Penawaran Harga


 


Surat penawaran harga sanggup juga disebut sebagai alat pemasaran suatu produk atau jasa. Surat ini sanggup dibentuk atas inisiatif perusahaan, atau sebagai jawaban atau surat permintaan penawaran yang dibentuk oleh calon pembeli.


Bisnis merupakan kegiatan yang tak sanggup lepas dari kehidupan insan 8 Contoh Surat Penawaran Harga Barang, Jasa, Kerjasama dll [Lengkap]
scribd.com

Contoh Surat Penawaran Jasa


 



Bisnis merupakan kegiatan yang tak sanggup lepas dari kehidupan insan 8 Contoh Surat Penawaran Harga Barang, Jasa, Kerjasama dll [Lengkap]
kop surat








Labuha, 31 Agustus 2018


Nomor: 18/SP/CV-MKD/VII/2017

Lampiran: 1 (satu) rangkap








Kepada Yth.

Pokja Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa RSUD BUDI HUSADA

di,-

Labuha







Perihal: PENAWARAN JASA PENGAWASAN PEMBANGUNAN SELASAR PENGHUBUNG RSUD LABUHA


Sehubungan dengan pengumuman registrasi dan pengunduhan Dokumen Pengadaan Nomor: ……./…….. Tanggal: 26 Maret 2018 dan sesudah kami cermati dengan saksama Dokumen Pengadaan [serta adendum Dokumen Pengadaan], dengan ini kami mengajukan penawaran untuk….. Senilai Rp. 9.420.000,- (Sembilan Juta Empat Ratus Dua Puluh Ribu Rupiah).


Penawaran ini telah memperhatikan ketentuan dan persyaratan yang tertera dalam Dokumen Pengadaan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut di atas.


Penawaran ini berlaku semenjak batas tamat pemasukan Dokumen Penawaran hingga dengan 25 September 2018.


Sesuai dengan ketentuan, bersama Surat Penawaran ini kami lampirkan:


1.      [Dokumen Perjanjian Kerja Sama Operas]


2.      Dokumen penawaran teknis, terdiri dari :


a.      Data Pengalaman Perusahaan, terdiri dari :


1)   Data Organisasi Perusahaan;


2)   Daftar Pengalaman Kerja Sejenis 5 (lima) tahun terakhir;


3)   Ulasan Pengalaman Kerja Sejenis 5 (lima) tahun terakhir;


b.      Kualifikasi Tenaga Ahli, terdiri dari:


1)   Daftar Riwayat Hidup personil yang diusulkan;


2)   Surat pernyataan kesediaan untuk ditugaskan dari personil yang diusulkan;


c.      [Dokumen lain yang dipersyaratkan]


3.      [Dokumen lain yang dipersyaratkan]


Dengan dikirimkannya surat ini, maka kami menyatakan baiklah pada semua persyaratan yang tertera dalam Dokumen Pengadaan.








Penawar


CV. Maha Karya Desain


 


MISBAH B. YAMANI, ST


Direktur



 


Contoh Surat Penawaran Dalam Bahasa Inggris


 


Bisnis merupakan kegiatan yang tak sanggup lepas dari kehidupan insan 8 Contoh Surat Penawaran Harga Barang, Jasa, Kerjasama dll [Lengkap]
Scribd.com

 


Contoh Surat Penawaran Partisipasi


Bisnis merupakan kegiatan yang tak sanggup lepas dari kehidupan insan 8 Contoh Surat Penawaran Harga Barang, Jasa, Kerjasama dll [Lengkap]
scribd.com

 


Surat Permintaan Penawaran


Surat permintaan penawaran yakni surat yang dibentuk oleh calon pembeli, berisi permintaan penawaran kepada penjual. Surat itu bermaksud meminta kepada penjual semoga mengatakan penawaran sacara resmi. Sehingga dengan begitu calon pembeli jadi tahu berapa harga barang, servis pelayanannya, persyaratan jual beli dan lain-lain.


Biasanya surat permintaan penawaran sering digunakan dalam perdagangan yang bersifat formal, yaitu perdagangan yang melalui mekanisme resmi secara tertulis. Misalnya suatu perusahaan besar, mustahil mau melayani permintaan yang hanya melalui telfon. Mereka mengharapka surat permintaan penawaran yang resmi dan otentik.


Surat permintaan penawaran memang menjadi tahap awal proses transaksi bisnis. Awalnya calon pembeli meminta keterangan dan penawaran dari suatu perusahaan atau penjual. Sebagai balasannya, perusahaan atau penjual mengirimkan surat penawaran. Pada balasannya terjadilah suatu transaksi bisnis itu.


Secara umum, inilah hal-hal yang terdapat dalam surat permintaan penawaran:



  • Jenis & nama barang

  • Harga satuan dan harga grosir

  • Spesifikasi barang (misalnya: ukuran, tipe, kualitas, kapasitas, dll)

  • Diskon (potongan harga)

  • Metode pembayaran

  • Metode pengiriman/penyerahan

  • Alasan kenapa harus memakai barang atau jasa dari perusahaan yang dimintai penawaran

  • Pelayanan apa yang menarik


Jika berkenan, calon pembeli juga sanggup meminta daftar harga (sesuai dengan kriteria servis yang ada). Biasanya pihak perusahaan juga sudah menyiapkan itu semua dalam prospektus mereka.


Oiya, bila kau sebagai calon pembeli, kau boleh mengirimkan surat permintaan penawaran kepada lebih dari satu perusahaan atau penjual. Cara ini dilakukan semoga kau sanggup membandingkan harga dan kualitas barang/jasa yang ada. Kaprikornus kau sanggup menentukan mana yang terbaik berdasarkan kamu.


Berikut ini teladan surat permintaan penawaran yang dikirimkan kepada suatu pihak toko elektronik:


Contoh Surat Permintaan Penawaran


 


Bisnis merupakan kegiatan yang tak sanggup lepas dari kehidupan insan 8 Contoh Surat Penawaran Harga Barang, Jasa, Kerjasama dll [Lengkap]
scribd.com

 


Cukup sekian beberapa klarifikasi perihal teladan surat penawaran beserta cara membuatnya. Semoga sanggup membantu kau dalam menyusun surat penawaran dengan baik dan benar serta menyebarkan perjuangan atau bisnis yang kau jalani melalui surat penawaran ini. Baca juga artikel kami yang lain perihal cara menciptakan Daftar isi Otomatis di Ms. Word.



Advertisement

Iklan Sidebar