'/> Contoh Resensi Buku, Novel, Film, Cerpen Serta Cara Menciptakan Resensi

Info Populer 2022

Contoh Resensi Buku, Novel, Film, Cerpen Serta Cara Menciptakan Resensi

Contoh Resensi Buku, Novel, Film, Cerpen Serta Cara Menciptakan Resensi
Contoh Resensi Buku, Novel, Film, Cerpen Serta Cara Menciptakan Resensi

Hai sobat sharing, kalian sudah pernah dengar resensi? Resensi memang tidak asing bagi kita, lantaran ketika masih menempuh pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah niscaya sobat menemui pelajaran perihal resensi.


Namun bagi kalian yang kini gres menempuhnya atau belum sama sekali, kita dengan bahagia hati mengembangkan hal perihal resensi. Dalam artikel ini akan dijelaskan cara menciptakan resensi beserta pola resensi yang baik. Simak terus ya, sebentar saja.





Pengertian Resensi




Ketika sobat ingin membeli buku, pastinya sobat tidak ingin kecewa kan terhadap isi bukunya?. Nah sobat bisa melihat resensi-resensi buku yang ingin kalian beli. Sobat harus tau nih pengertian resensi. Resensi yaitu penilaian terhadap suatu karya yang mencakup kekurangan maupun kelebihan.


Karya yang dinilai mulai dari buku, cerpen, novel, hingga film. Resensi sendiri bertujuan untuk mengulas kelebihan serta kekurangan karya tersebut dan itu bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk sobat. Nah untuk menciptakan resensi, yuk simak cara-cara menciptakan resensi dan pola resensi berikut ini.




Cara Membuat Resensi




Membuat resensi bukanlah hal yang sulit, bagi sobat yang mengerti cara-cara menciptakan resensi. Apalagi sobat yang sudah terbiasa menulis akan lebih gampang lagi bukan?


Namun jangan khawatir bagi sobat yang masih berguru untuk menulis resensi, cara-cara menulis resensi bisa kalian baca disini.


Adapun cara-cara menciptakan resensi sebagai berikut :


Menentukan karya yang akan diresensi


Langkah pertama yang harus sobat lakukan yaitu menentukan karya yang akan diresensi. Misalkan buku, kalau kalian ingin meresensi buku tentukan judul buku apa yang akan diresensi.


Untuk mendapatkan bukunya, sobat bisa memakai buku pribadi, membelinya di toko buku, atau mengunduhnya secara online. Setelah buku sudah ditentukan gres sobat  bisa melanjutkan ke step berikutnya.


Membaca karya yang akan diresensi


Melakukan resensi harus didahului dengan membaca karyanya, lantaran di sini kita kan menilai kelemahan dam kelebihan karya tersebut. Kaprikornus sobat harus mengetahui isi di dalam karya (buku), caranya tak lain dengan membacanya langsung.


Menulis Identitas Buku


Langkah selanjutnya yaitu menuliskan identitas dari buku tersebut. Identitas buku bisa meliputi



  • Judul Buku :

  • Penulis :

  • Penerbit :

  • Tahun Terbit :

  • Cetakan :

  • Tebal Buku :

  • Harga Buku :


Identias dari buku akan membantu pembaca untuk memberi citra perihal buku tersebut. Identitas bisa sobat tambanhkan dengan yang lain, seperti  nomor ISBN, Editor atau yang lainnya.


Menulis Biografi Penulis


Setelah menulis identitas buku, langkah yang selanjutnya yaitu menuliskan biografi penulis. Penulisan biografi ini tidak usah terlalu panjang, cukup singkat saja. Tujuan penulisan biografi ini hanya untuk memperkenalkan penulis ke pembaca supaya mengetahui latar belakang kepenulisan.


Latar Belakang Buku


Penulisan biografi penulis ini juga bisa diiringi dengan latar belakang buku, jadi pembaca mengetahui mengapa buku ini ciptakan oleh penulis dan sampaikan tujuan penulis menciptakan buku ini sobat, supaya tujuan tersebut hingga kepada pembaca.


Menulis Isi Buku


Menulis isi buku bukan berarti menulis keseluruhan isi buku ya sobat. Sobat bisa menuliskan sinopsis atau isi singkat dari buku tersebut. Namun perlu sobat ketahui bahwa dalam menuliskan isi buku ini, sobat harus memahami dulu keseluruhan isi. Karena tujuan meresensi buku ini yaitu kita akan memberikan penilaian buku yang sudah kita ketahui. Sangat kesulitan kalau peresensi sendiri tidak mengetahui isi buku itu sendiri. Kaprikornus pastikan sobat paham membacanya dan memahaminya.


Menyampaikan kelemahan dan kelebihan buku


Nah, sesudah menceritakan sedikit perihal isi buku, langkah kali ini yaitu langkah yang paling penting yaitu inti dari resensi itu sendiri, yaitu memberikan kelebihan dan kekurangan isi buku. Tujuan dari memberikan kelebihan yaitu untuk mengapresiasi karya yang telah dibentuk oleh penulis.


Sedangkan penyampaian kekurangan ini bukan berarti menjelek-jelekkan karya seseorang, namun sebagai bentuk penilaian supaya karya penulis bisa lebih berkembang. Tidak ada perkembangan suatu karya kalau hanya memberikan penghargaan-penghargaan saja, memang kadang memberi kritik / penyampaian kekurangan itu perlu ya sobat.


Penyampaian kelebihan dan kekurangan ini haruslah jujur ya sobat, sangat disayangkan kalau kita meresensi buku hanya untuk menjatuhkan karya dan membohongi pembaca.


Kesimpulan resensi bisa sobat tulis dengan hal-hal apa saja yang sudah didapatkan ketika membaca buku tersebut. Sobat bisa menyarankan untuk membaca kalau dinilai buku tersebut baik, ataupun sebaliknya. Kaprikornus dikesimpulan ini sobat bisa memberikan tujuan sobat meresensi buku ini. Nah, untuk lebih jelasnya, pribadi saja simak pola resensi di bawah ini!




Contoh Resensi Buku




Sobat yang ingin lebih terperinci memahami resensi buku, kita akan menyertakan contoh-contoh resensi. Mulai dari resensi buku fiksi, non fiksi, hingga resensi novel. Contoh ini bisa untuk rujukan sobat dan sobat bisa memodifikasi sesuai dengan keinginan sobat.




Contoh Resensi Buku Fiksi




Identitas Buku


Judul Buku                  : Koala Kumal


Penulis                         : Raditya Dika


Tebal Buku                  : 250 halaman


Penerbit                      : Gagas Media


Tahun Terbit              : 2015


Sinopsis


Raditya dika merupakan salah satu insan kreatif Indonesia yang hingga kini terkenal di seluruh kalangan, terutama kalangan remaja. Karyanya berawal dari hal iseng yang ia lakukan di blog. Ia menulis dongeng cerita fiksi yang hasilnya ia himpun menjadi sebuah buku yang berjudul “Kambing jantan” dimana menjadi karya perdananya Radtya Dika.


Setelah Dika mempunyai 7 karya buku fiksi, ia terus menulis dan kini menjadi hal yang ia tekuni dan tidak menjadi acara iseng lagi. Kini Dika menjadi seorang penulis, sutradara, komika, actor dan sekaligus menjadi seorang youtober.


Tahun 2015 lalu, ia merilis buku barunya yang berjudul koala kumal. Isi bukunya tentunya tak lepas dari kisah manis pahitnya sebuah cinta lantaran memang Dika sering menulis perihal cinta, namun dengan kreatif ia membalutnya dengan komedi yang menarik.


Dalam bukunya, Raditya dika mengisahkan dirinya ibarat kolala, perihal sebuah perasaan patah hari. Ia gambarkan seekor koala yang tengah berimigrasi ketempat lain dari tempat tinggalnya , yaitu hutan. Namun ketika kembali koala tersebut kebingungan lantaran tempat tinggalnya berubah alasannya yaitu sudah dirusak oleh insan yang tidak bertanggung jawab.


Bukunya tersebut mempunyai karakteristik komedi yang unik, dimana komedi yang ia gunakan bukan ibarat biasanya ia tulis. Kali ini ia menuangkan komedinya secara halus, dimana ia melibatkan hati dlam komedinya lantaran ia sendiri mempunyai prinsip bahwa menciptakan sesuatu yang lucu tidak harus memakai komedi yang kasar.


Buku Koala Kumal ini memberi pesan tersirat bahwa patah hati yaitu suatu proses menuju taraf kedewasaan. Patah hati bukanlah alasan untuk untuk frustasi dalam mengejar cinta. Mengejar sesuatu yang kita harapkan memang butuh perjuangkan, jadi perjuangkanlah cinta semampumu.


Kelebihan


Buku ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja, lantaran berisi kisah cinta yang menggelitik. Konsep buku berbeda dengan buku-buku sebelumnya, dengan komedi yang halus ia menuangkan denga kata-kata yang universal dan tentunya gampang dipahami. Dari segi tata tulisannya buku Koala Kumal lebih baik dari buku perdananya “Kambing Jantan”.


Kekurangan


Kekurangan dari buku ini secara keseluruhan yaitu tebal buku lebih tipis dibandingkan dengan buku-buku Raditya Dika yang lainnya.




Contoh Resensi Buku Non Fiksi




Identitas Buku


Judul Buku                  : Cewek Smart


Pengarang Buku       : Ria Fariana


Penerbit Buku           : Gema Insani


Kota Terbit                  : Jakarta, Indonesia


Tahun Terbit              : Tahun 2008


Tebal Buku                  : 200 Halaman


Sinopsis


Buku “Cewek Smart” di tulis untuk membantu para remaja perempuan supaya bisa menyikapi problematika sekitar. Buku ini juga mengupas bagaimana menjadi perempuan yang cerdas serta mempunyai inner beauty (kepribadian) yang baik dimana sesuai dengan syariat


Wanita yang cerdas tidak sanggup diukur dari nilai raportnya maupun yang lain, namun perempuan yang cerdas yaitu perempuan yang bisa memanfaatkan kecerdasaannya untuk menambah keyakinannya, yang bisa mendekatkan dirinya kepada Tuhannya. Ia juga bisa menuntaskan semua permasalahan hidupnya dengan tolak ukur tertentu serta penuh dengan tanggung jawab. Secara keseluruhan, buku ini membahas mengenai dasar-dasar bagaimana menjadi seorang perempuan yang soliha dan perempuan yang cerdas.


Buku ini bisa membantu kita menyadarkan sebagai remaja perempuan untuk melaksanakan sesuatu dan besukap sesuai dengan syariat islam dengan begitu kita sanggup meilih mana yang harus dilakukan dan mana yang harus kita tinggalkan. Dengan kata-kata yang bijaksana buku ini lebih menarik ibarat kata-kata “Islam mendorong perempuan untuk cerdass semoga tiak gampang dibodohi oleh siapapun.”


Kelebihan Buku


Buku ini memberikan banyak kelebihan, diantaranya buku smart women sanggup menjadi tuntunan bagi remaja perempuan pada zaman sekarang, terutama bagi yang sedang ingin berhijrah dan memperbaiki diri. Selain itu bahasa yang digunakan sangat simple, sehingga gampang sekali untuk dipahami . Sampul pada buku ini juga menambah kelebihan dari buku ini, dengan kartun yang lucu dan penuh warna.


Kekurangan Buku


Tidak ada karya yang sempurna, ibarat buku ini masih mempunyai kekurangan . Dalam penjualan buku ini masih sangat terbatas dan ilustrasi pada buku ini masih berwarna hitam putih.




Contoh Resensi Novel




Identitas buku         


Judul Buku                 : Laskar Pelangi


Penulis Buku              : Andrea Hirata


Penerbit Buku           : PT Bentang Pustaka


Kota terbit                  : Yogyakarta


Cetakan buku            : III


Tebal buku                  : 533 Halaman


ISBN                              : 979-3062-79-7


Sinopsis Novel Laskar Pelangi


Novel yang ditulis oleh Andrea Hirata ini menceritakan perihal perjalanan sepuluh anak Belitung yang tergabung dalam Laskar Pelangi. Mereka yaitu Ikal, Lintang, Mahar, Syahdan, Harun, A Kiong, Borek, Trapani, Kucai, dan Sahara, dimana Sahara dalah cewek satu-satunya dalam laskar pelangi.


Pada novel ini menceritakan ketimpangan yang terjadi di pedalaman kawasan Belitung, dimana berlimpahnya hasil timah tidak dibarengi dengan kesejahteraan masyarakat disekitarnya. Masyarakat masih ada yang tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Selain itu novel ini menceritakan semangat bocah-bocah yang ingin merubah nasibnya melalui pendidikan, lantaran sebagian besar masyarakat lebih menentukan anaknya menjadi seorang Asisten Rumah Tangga daripada harus berguru dan sekolah.


Meskipun banyak hal yang menghambat mereka belajar, namun semangat mereka tetap berkobar-kobar. Di sana terdapat sekolah yang dibangun dengan jiwa yang Ikhlas dan semangat juang dari dua orang guru, yaitu Bapak Arfan Efendy Noor sebagai Kepala sekolah dan  seorang guru muda yang berjulukan Muslimah Hafsari.


Ibu guru ini juga merupakan warga yang masih biasa saja, namun ia tetap bertekad untuk mempertahankan semangat anak didiknya. Sekolah ini pernah dibubarkan oleh Departemen, Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) Sumatera Selatan jarena jumlah muridnya masih kurang. Akankah sekolah ini tetap berdiri?


Sekolah yang sanggup berdiri atas uluran tangan sang donator keadaanya sudah roboh, beralaskan tanah, atap yang  bolong-bolong, dingklik yang sudah tidak layak dan lebih parahnya, ketika malam tiba, tempat tersebut digunakan sebagai tempat penyimpanan ternak.


Karena faslitas sekolahnya masih sangat terbatas, Sekolah hanya bisa memberi gaji kepada kepala sekolah dan gurunya berupa beras. Meskipun demikian, kegiatan di sekolah berjalan dengan  lancar, dimana muncul keajaiban-keajaiban setiap harinya. Sang guru juga tidak pernah berhenti untuk memberi semangat kepada murid-muridnya serta menanamkan rasa percaya diri yang tinggi dan jiwa berkompetisi lantaran menuntut ilmu yaitu hal yang sangat penting dalam kehidupan.


Berkat semangat mereka yang membara, kedua guru tersebut memberi nama mereka dengn sebutan “Laksar Pelangi” dengan julukan itu, salah satu anggota lascar pelangi tersebut bisa menjuarai karnaval dengan mengalahkan sekolah-sekolah lainnya. Begitu juga dengan Ikal dan Lintang serta Sahara yang hasilnya bisa meraih juara lomba cerdas pangkas. Meskipun hasilnya pada awal tahun 1990 an sekolahannya ditutup lantaran tidak bisa lagi membiayai biaya operasional sekolah lagi.


Di tamat cerita, kedua guru tersebut sangat besar hati kepada anggota laskar pelangi lantaran ketika mereka sudah dewasa, semuanya menjadi orang sukses dan salah satunya ada yang menjadi wakil rakyat. Selain itu ada yang menjadi research dan development manager di salah satu perusahaan multi nasional yang paling kuat di negeri ini.


Kelebihan


Novel Laskar Pelangi ini mempunyai banyak kelebihan. Pertama aksara yang di dalam buku ini bisa dijadikan sebuah teladan, kemudian bisa memberi ilham kepada si pembaca dan yang terakhir novel ini menceritakan tragedi yang sangat bersahabat dengan kita.


Kekurangan


Masih ada beberapa kata-kata yang sulit dipahami lantaran memakai bahasa lokal, dimana dari pembaca dari luar kawasan tersebut kesulitan untuk mengartikan bahkan untuk memahaminya.


Kesimpulan


Novel Laskar Pelangi ini sangat menarik untuk dibaca semua kalangan, terutama kalangan muda. Dimana novel ini menceritakan semangat perjaka dalam mengejar impian meskipun mempunyai banyak keterbatasan salah satunya ekonomi. Buku ini juga manis untuk dibaca untuk sang pendidik (guru) serta pemerintahan, lantaran dalam buku ini menggambarkan masalah-masalah yang sedang terjadi dinegeri ini serta cara menghadapinya. Buku ini manis untuk kemajuan bangsa Indonesia.


Itulah pola resensi novel kesukaan penulis. Salah satu novel yang memotivasi penulis untuk menulis di blog ini 🙂




Contoh Resensi Film




 lantaran ketika masih menempuh pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah niscaya sobat menemui pe Contoh Resensi Buku, Novel, Film, Cerpen Serta Cara Membuat Resensi


Identitas Film


Judul Film                    : Perahu kertas 1


Sutradara                    : Hanung Bramantyo


Penulis Naskah         : Dewi “Dee” Lestari


Produser                     : Chand Parwez Servia, Putut Widjanarko


Musik                            : Andhika Triyadi


Sinematografi            : Faozan Rizal


Penyunting                 : Cesa david Lickmansyah


Tanggal Rilis                : 16 Agustus 2012


Durasi                           : 107 Menit


Negara                         : Indonesia


Bahasa                          : Indonesia


Produksi                      : Starvision Plus, Bentang Pictures, Dapur Film Indonesia


Sinopsis


Perahu kertas yaitu film yang mengisahkan dua anak insan yaitu Kugy dan Keenan. Kugy yaitu seorang gadis yang periang, tomboy dan percaya bahwa ia yaitu biro dari Dewa Neptunus. Kugy mempunyai kebiasan yang aneh, yaitu selalu menghanyutkan bahtera kertas ke air. Ia mempunyai pandangan yang tidak ibarat insan biasanya, ia cenderung filosofis.


Sementara Keenan yaitu seorang pelukis yang berbakat, namun oleh orang tuanya dipaksa untuk kuliah di fakultas ekonomi. Bersama dengan ke empat sahabat kecilnya Keenan menjadi geng yang selalu kompak, salah satunya Kugy. Ternyata belakang layar Keenan jatuh cinta pada Kugy . Dengan banyak sekali konflik persahabatan mereka pecah.


Karena Keenan merasa gundah gulana, ia hasilnya pergi kerumah Pak Wayan dan menuangkan kegelisannya lewat lukisan. Disana ada Ludhe keponakan Pak Wayan yang berhasil mengembalikan semangat Keenan kembali. Sementara sesudah Kugy lulus sidang, abang Kugy membantu ia magang di biro iklan AdVocaDo milik temannya, yaitu Remi. Prestasi Kugy yang cemerlang hasilnya menarik perhatian Remi.


Kelebihan Film         :



  • Setiap aksara yang dihadirkan dalam dongeng sanggup di perankan dengan cukup baik .

  • Banyak hal yang sanggup diambil pelajaran dari film ini.

  • Film ini menarik lantaran mengangkat tema yang banyak digemari oleh masyarakat, yaitu tema persahabatan.


Kekurangan Film



  • Film ini masih terbagi menjadi beberapa season, dimana film pertama ini belum tamat dari dongeng sehingga penonton harus menunggu film berikutnya untuk rilis.

  • Konflik yang disajikan terlalu kompleks, sehingga memecah konsentrasi dan perhatian penonton.

  • Ending (akhir) dongeng kurang jelas, menciptakan penonton galau dan menjadikan rasa penasaran.


Kesimpulan


Film Perahu kertas ini memberi pesan tersirat bagi kita, bahwa setiap insan mempunyai jalan hidupnya masing-masing dan dengan perjuangan keraslah yang akan mengantar takdir itu ke tangan kita. Dengan demikian kita harus menjadi orang-orang yang percaya diri dalam mengejar harapan yang kita impikan.




Contoh Resensi Cerpen




Identitas Cerpen


Judul Cerpen     : Aku Mencintaimu dengan Bismillah


Pengarang          : Benny Can


Penerbit              : –


Tebal Buku          : 192 Halaman


Cetakan               : Tahun 2013


Penerjemah       : –


Sinopsis


Pada cerpen ini terdapat seseorang yang berjulukan Rendi. Rendi yaitu seorang pria yang sangat roamantis, dimana ia mempunyai kekasih yang berjulukan Shekar.  Suatu hari mereka berdua menuju ke pantai ketika senja, dan tak disangka Rendi menyatakan rasa cintanya kepada Shekar. Dengan romantisnya ia mengatakan, “Shekar, saya mencintaimu dengan Bismillah.” Setelah itu datanglah Yuli, mitra rendi mengajak Rendi berbicara sejenak jauh dari Shekar. Ia memberi gosip bahwa ternyata Shekar mengidap penyakit Tumor Rahim dan rahimnya sudah di angkat sehingga ia tidak bisa mempunyai anak. Rendi pun terkejut dan memastikan Shekar dengan bertanya kepadanya.


Setelah bertanya kepadanya, Shekar menangis dan pribadi berlari, namun Rendi mencegahnya dan menyampaikan “Aku memulai cinta ini dengan Bismillah dan mustahil saya berhenti sebelum amin mengamini dan tidak ada alasan untukku untuk meninggalkanmu sebelum Tuhan mengamini mimpi-mimpiku untuk selalu bersamamu. Jantung ini sanggup berdetak serasa separuh jantungku ada padamu. Mata ini, kalau kamu tatap ada ketulusan, kemudian peluklah saya dengan kesungguhan.”


Singkat dongeng Rendi mendapatkan Shekar apa adanya. Akhirnya Shekar pun tersenyum kemudian menjawab “Jangan Tinggalkan aku”.


Kelebihan


Cerpen ini sarat akan makna , kalau direnungkan dengan baik akan menciptakan pembaca terbawa perasaan, bahkan mungkin bisa hingga menangis. Terutama ketika Rendi yang tetap mendapatkan Shekar meskipun ia mustahil mempunyai anak. Cerpen ini sanat menarik apabila dijadikan sebuah film.


Kekurangan


Adapun kekurangan dari dongeng pendek (cerpen) ini, pada ending (akhir)  dongeng kurang jelas, dimana pada hasilnya tidak dijelaskan apakah mereka resmi menikah dan sebagaimananya. Ceritanya hanya selesai hingga perasaan Yuli ketika Rendi tetap menerimanya. Hal tersebut menciptakan pembaca ingin tau dan merasa digantungkan.


Kesimpulan


Cerpen ini merupakan materi bacaan yang sanggup kita renungkan, berguru dari ketabahan Shekar dimana ia diberi cobaan yang tidak bisa mempunyai anak lantaran sakit tumor yang dideritanya serta ketulusan Rendi dalam mendapatkan keadaan Shekar. Cerpen ini juga memberi kita pelajaran bahwa sebelum melaksanakan apapun ada kata yang harus selalu kita sertakan yaitu bacaan “Basmallah”. Meskipun tamat dongeng masih kurang jelas, namun runtutan dongeng ini menciptakan pembaca tercengang.


Demikian cara-cara menciptakan resensi beserta contoh- pola resensi yang sanggup saya sajikan, semoga selalu bisa membantu sobat. Jangan lupa untuk sharing ke sobat-sobat yang lain ya, selamat menulis.



Advertisement

Iklan Sidebar