'/> Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (Pai) Kelas Xi Semester 2 K13 Beserta Tanggapan Part-5

Info Populer 2022

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (Pai) Kelas Xi Semester 2 K13 Beserta Tanggapan Part-5

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (Pai) Kelas Xi Semester 2 K13
Beserta Tanggapan Part-5
Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (Pai) Kelas Xi Semester 2 K13
Beserta Tanggapan Part-5
Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-5 berisikan soal-sosal essay PAI semester genap kelas 11 yang diambil dari Bab 3, "Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam", ibarat soal agama Islam perihal muamalah, syirkah, perbankan dan asuransi syariah. Tentunya berbeda dengan soal essai PAI bab ke-1 hingga bagian ke-4 (nomor 36-45) yang diambil dari Bab 1 hingga Bab 2.

Selain itu, admin telah mempublish bahan soal perihal prinsip dan praktik ekonomi Islam dalam bentuk pilihan ganda/PG yang sanggup anda baca dan pelajari disini.

Berikut, soal essay agama Islam kelas xi semester genap kurikulum 2013 edisi revisi dan kunci jawaban untuk siswa SMA/Sederajat, dimulai dari pertanyaan nomor 46.

46. Asuransi syariah dimaknai sebagai wujud dari bisnis pertanggungan yang didasarkan pada nilai-nilai dalam anutan Islam, yaitu….
Jawaban: Al-Qur’an dan Sunnah rasul, maka landasan yang digunakan dalam hal ini tidak jauh berbeda dengan metodologi yang digunakan oleh sebagian jago aturan Islam

47. Bank-bank syariah dalam operasinya diadaptasi dengan….
Jawaban: prinsip-prinsip syariah Islam dan tata caranya, acuannya yakni Al-Qur’an dan As Sunah.

48. Murabahah, yaitu suatu istilah dalam fikih Islam yang menggambar tentang…..
Jawaban: suatu jenis penjualan di mana penjual setuju dengan pembeli untuk menyediakan suatu produk, dengan ditambah jumlah laba tertentu di atas biaya produksi.

49. Keuntungan perjuangan secara mudharabah dibagi menurut….
Jawaban: kesepakatan yang dituangkan dalam kontrak, namun apabila mengalami kerugian, maka ditanggung oleh pemilik modal selama kerugian tersebut bukan jawaban kelalaian si pengelola. Seandainya kerugian itu diakibatkan alasannya kecurangan atau kelalaian si pengelola, maka pengelola harus bertanggung jawab atas kerugian tersebut.

50. Syarat dari nilai suatu harga adalah….
Jawaban: harga jual harus terperinci jumlahnya, nilai tukar barang sanggup diserahkan pada ketika transaksi, apabila transaksi dengan tukar barang (Al-Muqadayah), maka dihentikan dengan barang yang haram.

51. Apa yang dimaksud dengan qardhul hasan?
Jawaban: qardhul hasan, yakni pembiayaan lunak yang diberikan kepada nasabah yang baik dalam keadaan darurat. Nasabah hanya diwajibkan mengembalikan simpanan pokok pada ketika jatuh tempo. Biasanya layanan ini hanya diberikan untuk nasabah yang mempunyai deposito di bank tersebut , sehingga menjadi wujud penghargaan bank kepada nasabahnya.

52. Jelaskan yang dimaksud asuransi syariah!
Jawaban: asuransi syariah yakni perjuangan saling melindungi dan bersama-sama di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk asset dana tau tabarru’ yang memperlihatkan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui janji (perikatan) yang sesuai dengan syariah.

53. Sebutkan contoh jual beli yang terlarang dan tidak sah!
Jawaban:
a. Jual bei sesuatu yang termasuk najis, ibarat bangkai dan daging bagi.
b. Jual beli air mani binatang ternak
c. Jual beli binatang yang masih berada dalam perut induknya (belum lahir)
d. Jual beli yang mengandung unsur kecurangan dan penipuan

54. Bagaimana cara abolisi mudhabarah itu sanggup dilakukan?
Jawaban:
a. Tidak terpenuhinya salah satu atau beberapa syarat mudharabah
b. Pengelola dengan sengaja meninggalkan tugasnya sebagai pengelola modal berbuat sesuatu yang bertentangan dengan tujuan akad.
c. Apabila pelaksana atau pemilik modal meninggal dunia atau salah satu dari pemilik mudharabah meninggal dunia, maka mudharabah batal.

55. Apa yang dimaksud monopoli dan najsyi?
Jawaban:  Monopoli yakni menimbun barang dengan tujuan untuk supaya orang lain tidak sanggup membelinya dan najsyi yakni menawar barang dengan tujuan untuk mensugesti orang lain biar membeli barang yang ditawarkannya.

56. Jual beli adalah….
Jawaban: menukar suatu barang dengan barang yang lain dengan cara yang tertentu (akad).

57. Mudarabah muthalaqah merupakan….
Jawaban:  bentuk keerja sama anatara pemilik modal dan pengelola yang cakupannya sangat luas dan tidak dibatasi oleh spesifikasi jenis usaha, waktu, dan tempat bisnis.

58. Suatu kolaborasi antara pemilik lahan pertanian baik berupa sawah atau lading dengan penggarap yang bibit asalnya dari penggarap dengan bagi hasil yang jumlahnya sesuai dengan kesepakatan bersama disebut….
Jawaban: muzaraah

59. Ijarah berasal dari bahasa Arab yang artinya…..
Jawaban: upah atau imbalan

60. Khiyar artinya….
Jawaban: boleh menentukan antara dua, meneruskan janji jual beli atau mengurungkannya.

Lanjut ke soal nomor 61-70 => Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-6
Advertisement

Iklan Sidebar