'/> Contoh Soal Uts/Pts Sosiologi Peminatan Kelas Xi Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Balasan Part-3

Info Populer 2022

Contoh Soal Uts/Pts Sosiologi Peminatan Kelas Xi Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Balasan Part-3

Contoh Soal Uts/Pts Sosiologi Peminatan Kelas Xi Semester 2 Kurikulum
2013 Beserta Balasan Part-3
Contoh Soal Uts/Pts Sosiologi Peminatan Kelas Xi Semester 2 Kurikulum
2013 Beserta Balasan Part-3
Contoh Soal UTS/PTS Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-3 atau bab ketiga yaitu goresan pena terakhir dari rangkaian soal-soal ujian tengah semester genap sosiologi kelas 11 K13 edisi revisi. Bagi anda yang belum membaca goresan pena sebelumnya, silahkan baca, soal Perguruan Tinggi Swasta sosiologi bab ke-1 dan bagian ke-2 (nomor 11-20).

Bila butir soalnya sebelumnya berbentuk pilihan ganda/PG, maka untuk bab ketiga berbentuk essay/uraian, dengan dimulai dari pertanyaan nomor 21 berikut ini.

21. Jelaskan tugas pemerintah dalam mengatasi konflik dalam masyarakat!
Jawaban: pemerintah melalui serangkaian peraturan aturan yang diundangkan dan melalui pegawanegeri penegak aturan berwewenanng dalam mengendalikan konflik dalam masyarakat.

22. Sebutkan macam-macam konflik berdasarkan Soerjono soekanto?
Jawaban: berdasarkan Soerjono Soekanto konflik dibedakam menjadi 5 bentuk, yaitu:
a. konflik atau kontradiksi pribadi
b. konflik atau kontradiksi rasial
c. konflik atau kontradiksi antar kelas-kelas sosial
d. konflik atau kontradiksi politik
e. konflik atau kontradiksi yang bersifat internasional

23. Jelaskan yang dimaksud konflik diagonal, sebutkan contohnya!
Jawaban: konflik diagonal, merupakan konflik yang terjadi alasannya adanya ketidakadilan alokasi sumber daya keseluruh organisasi sehingga menjadikan kontradiksi ekstrim, contohnya konflik poso.

24. Sebutkan imbas kasatmata dari adanya konflik!
Jawaban: imbas kasatmata adanya konflik:
a. konflik sanggup meningkatkan solidaritas diantara kelompok, contohnya apabila terjadi pertikaian antarkelompok, anggota-anggota dari setiap kelompok tersebut akan bersatu untuk mengahdapi lawan kelompoknya.
b. konflik berfungsi sebagai alat perubahan sosial, contohnya anggota-anggota kelompok atau masyarakat yang berseteru akan menilai dirinya sendiri dan mungkin akan terjadi perubahan dalam dirinya.
c. munculnya langsung atau mental masyarakat yang tahan uji dalam menghadapi segala tantangan dan permasalahan yang dihadapi sehingga sanggup lebih mendewasakan masyarakat.

25. Bagaimana kekerabatan antara konflik dan kekerasan dalam masyarakat?
Jawaban: kekerasan terkadang merupakan bentuk penyelesaian final dari sebuah konflik.

26. Sebutkan 5 saja bentuk pengendalian terhadap konflik!
Jawaban: secara umum, terdapat beberapa cara dalam upaya mengendalikan atau meredakan sebuah konflik, yaitu sebagai berikut.
a. Konsiliasi
Konsiliasi merupakan bentuk pengendalian konflik sosial yang dilakukan oleh lembaga0lembaga tertentu yang sanggup menawarkan keputusan dengan adil. Dalam konsiliasi banyak sekali kelompok yang berkonflik duduk bersama mendiskusikan hal-hal yang menjadi pokok permasalahan.
b. Arbitrasi
Arbitrasi merupakan bentuk pengendalian konflik sosial melalui pihak ketiga dan kedua belah pihak yang berkonflik menyetujuinya. Keputusan-keputusan yang diambil pihak ketiga harus dipatuhi oleh pihak-pihak yang berkonflik.
c. Mediasi
Mediasi merupakan bentuk pengendaliaan konflik sosial, dimana pihak-pihak yang berkonflik setuju menerangkan pihak ketiga sebagai mediator. Namun berbeda dengan arbitrasi, keputusan-keputusan pihak ketiga tidak mengikat manapun.
d.  Ajudication
Ajudication merupakan cara penyelesaian konflik melalui pengadilan yang sempurna dan adil
e. Segregasi 
Upaya saling menghindari atau memisahkan diri untuk mengurangi ketegangan.

27. Apakah yang dimaksud dengan arbitrasi?
Jawaban: bentuk pengendalian konflik sosial melalui pihak ketiga dan kedua belah pihak yang berkonflik menyetujuinya. Keputusan-keputusan yang diambil pihak ketiga harus dipatuhi oleh pihak-pihak yang berkonflik.

28. Sebutka hasil dari administrasi konflik!
Jawaban:
Manajemen konflik menang-kalah, kalah-menang, dan menang-menang.

29. Terangkan mengenai administrasi konflik menang-menang!
Jawaban: konflik menang-menang dilksanakan dengan jalan menguntungkan semua pihak yang terlibat dalam konflik yang terjadi. Hal tersebut secara tipikal dicapai melalui apabila dilakukan konfrontsi pesoalan-persoalan yang ada dan digunakannya cara pemecahan maslah untuk mengatasi perbedaan-perbedaan pendapat dan pangangan.

30. Mengapa konflik sanggup terjadi pada kehidupan masyarakat?
Jawaban: alasannya intinya insan hidup dalam masyarakat akan selalu mempunyai banyak kontradiksi dan perbedaan, baik itu perbedaan latar belakang, perbedaan kepentingan, perbedaan pandangan, dan lain sebagainya. Hal-hal inilah yang kemudian melahirkan konflik dalam masyarakat.

Lanjut ke materi sesudah MID => Contoh Soal PG Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-5
Advertisement

Iklan Sidebar