'/> Contoh Soal Dan Balasan Seni Budaya Kelas Xi Semester 2 Kurikulum 2013 Essay Part-13

Info Populer 2022

Contoh Soal Dan Balasan Seni Budaya Kelas Xi Semester 2 Kurikulum 2013 Essay Part-13

Contoh Soal Dan Balasan Seni Budaya Kelas Xi Semester 2 Kurikulum 2013
Essay Part-13
Contoh Soal Dan Balasan Seni Budaya Kelas Xi Semester 2 Kurikulum 2013
Essay Part-13
Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay Part-13 - Melanjutkan soal essai SBK bab ke-11 dan bagian k-12 (soal nomor 136-150), dimana bab ke-13 berisikan bahan yang sama dengan sebelumnya, yaitu soal wacana pergelaran seni tari.

Berikut dibawah ini, soal seni budaya kelas 11 semester genap K13 edisi revisi lengkap dengan kunci jawabannya untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat, dimulai dari pertanyaan nomor 151.

151. Jelaskan yang dimaksud panggung proscenium!
Jawaban: proscenium jenis panggung ini sanggup disebut sebagai panggung bingkai alasannya yakni penonton menyaksikan agresi pemain drama dalam lakon melalui sebuah bingkai atau lengkungan proscenium. Dalam panggung ini terdapat dropsilokrama dan wing yang terbuat dari kain hitam, serta balkon (posisi penonton di atas samping).

152. Apa yang anda ketahui wacana tata teknik pentas
Jawaban: tata teknis pentas yakni suatu seputar gerak laris di atas pentas dan semua elemen-elemen visual atau yang terlihat oleh mata yang mengitari pemeran dalam pementasan.

153. Uraian bentuk-bentuk penyajian tari!
Jawaban:
a. tari kelompok
b. tari tunggal
c. tari massal
d. tari berpasangan
e. tari kolosal

154.  Sebutkan tugas-tugas seorang perancang panggung atau pentas dalam pergelaran tari!
Jawaban: kiprah seorang perancang panggung dengan baik mengikuti kaidah-kaidah yang baik, sebagai berikut:
a. merupakan rancangan yang baik dan sederhana
b. berkhasiat terus-menerus bagi pemeran atau pelaku.
c. rancangan yang dibentuk memperlihatkan bahwa setiap elemen yang terdapat di dalam.
d. bisa memberi ruang kepada gerak laku
e. memberi pernyataan suasana lakon
f. membuat pandangan yang menarik
g. bisa dilihat dan dimengerti oleh penonton

155. Terangkan yang anda ketahui wacana penilaian karya tari!
Jawaban: penilaian karya tari merupakan kegiatan memperlihatkan apresiasi terhadap karya tari dengan cara menuliskan kembali insiden pertunjukkan seni tari yang sudah dilakukan atau memperlihatkan komentar terhadap perkembangan insiden seni sanggup berupa lisan insiden pertunjukkan, komentar, dan penilaianterhadap karya tari.

156. Apa saja busana tari yang digunakan oleh para penari?
Jawaban: busana tari secara umum terdiri atas baju, celana, kain selendang, ikat kepala, mahkota, dan lain-lain

157. Jelaskan tujuan memakai properti tari!
Jawaban: properti tari intinya sanggup digunakan untuk memperlihatkan keindahan bentuk impian tari secara baik, supaya kesan impian tari akan lebih sempurna.

158. Sebutkan dan jelaskan tiga jenis konsep estetis yang digunakan untuk menilai pergelaran tari!
Jawaban: intinya dalam menilai seni dilakukan dengan memerhatikan konsep lentur menyerupai berikut:
a. wiraga
wiraga berupa keahlian gerak badan seorang penari sebagai sarana penyaluran lisan batinnya.
b. wirama
wirama berupa sebuah contoh gerakan dalam sebuah tarian
c. wirasa
wirasa merupakan lisan raut muka/ mimik yang menggambarkan abjad tarian, penghayatan gerak sesuai dengan tuntutan tarian
d. wirupa
wirupa merupakan penampilan penari dari ujung atas hingga ujung bawah.

159. Sebutkan mekanisme dalam pergelaran karya tari kreasi!
Jawaban: mekanisme dalam pergelaran karya tari kreasi yaitu sebagai berikut:
a. membentuk kepanitiaan
b. menyusun kegiatan kegiatan
c. penampilan pergerakan tari kreasi

160. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dan dikuasia penari ketika mempragakan karya tari kreasi?
Jawaban: di dalam meragakan karya tari kreasi dengan iringan seorang penari harus memperhatikan hal-hal berikut:
a. hafal semua gerak tari
b. memiliki rasa percaya diri
c. bisa menguasai daerah untuk menari
d. bisa menarik perhatian penonton

161. Jelaskan alasan penggunaan panggung portabel lebih cocok jikalau di luar ruangan!
Jawaban:
Panggung portabel cocok dibentuk di luar ruangan supaya para penontonnya bisa leluasa dan rileks menonton pertunjukan tari kreasi tersebut. biasanya penonton diberikan bangku ketika menyaksikan pertunjukkan.

162. Jelaskan wacana panggung arena!
Jawaban: panggung arena pada umumnya sanggup dibentuk di dalam maupun di luar gedung. Penataan kursi-kursi penonton dalam panggung arena diatur dengan rapi. Panggung berada di tengah dan antara gugusan bangku ada lorong untuk masuk dan keluar pemain atau penari berdasarkan kebutuhan pertunjukkan tersebut.

163. Apakah yang perlu diperhatikan dalam merancang pentas tari kreasi
Jawaban: dalam merancang pentas tari kreasi hendaknya memperhatikan aspek-aspek daerah gerak-laku, memperkuat gerak laku, dan mendandani atau memperindah gerak laku.

164. Bagaimanakah kiprah seorang perancang panggung dengan mengikuti kaidah-kaidah yang baik
Jawaban: kiprah seorang perancang panggung dengan baik mengikuti kaidah-kaidah yang baik, sebagai berikut:
a. merupakan rancangan yang baik dan sederhana
b. berkhasiat terus-menerus bagi pemeran atau pelaku.
c. rancangan yang dibentuk memperlihatkan bahwa setiap elemen yang terdapat di dalam.
d. bisa memberi ruang kepada gerak laku
e. memberi pernyataan suasana lakon
f. membuat pandangan yang menarik
g. bisa dilihat dan dimengerti oleh penonton

165. Bagaimanakah tujuan tata lampu dalam pertunjukkan tari?
Jawaban: Tujuan tata lampu diantaranya sebagai berikut: tata lampu digunakan sebagai alat peyinar maksudnya sebagai alat untuk menyorot para penarinya sehingga lebih nampak terang gerakan-gerakannya.
Advertisement

Iklan Sidebar