'/> Contoh Soal Essay Geografi Kelas Ix Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Balasan Part-7

Info Populer 2022

Contoh Soal Essay Geografi Kelas Ix Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Balasan Part-7

Contoh Soal Essay Geografi Kelas Ix Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta
Balasan Part-7
Contoh Soal Essay Geografi Kelas Ix Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta
Balasan Part-7
Contoh Soal Essay Geografi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-7 - Soal-soal essai geografi kelas 11 semester genap penggalan ketujuh merupakan postingan sehabis siswa SMA/MA, melakukan pekan ulangan tengah semester genap geografi. Materi geografi yang ada di goresan pena ini, diambil dari Bab 3, yaitu soal perihal mitigasi dan penyesuaian penanggulangan peristiwa alam.

Sebelumnya, admin juga telah mempublish soal essai penggalan ke-1, soal essai perihal dinamika kependudukan di Indonesia (bab 1) hingga soal essai perihal keragaman budaya Indonesia (bab 2) dengan jumlah soal sebanyak 85.

Berikut dibawah ini, soal essay geografi kelas xi semester genap k13 edisi revisi dilengkapi dengan kunci jawaban, dimulai dari pertanyaan nomor 86.

86. Sebutkan tujuan utama mitigasi peristiwa alam!
Jawaban:
a. mengurangi resiko peristiwa bagi penduduk dalam bentuk korban jiwa, kerugian ekonomi dan kerusakan sumber daya alam.
b. menjadi landasan perencanaan pembangunan
c. meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menghadapi serta mengurangi dampak dan resiko peristiwa sehingga masyarakat sanggup hidup aman

87. Jelaskan proses dalam fase siklus administrasi bencana!
Jawaban: siklus administrasi peristiwa terdiri dari empat fase. Tiap fase tersebut saling melengkapi dan tumpang tindih. Keempat fase tersebut adalah:
a. Mitigasi
Merupakan upaya meminimalkan dampak bencana. Fase ini umumnya terjadi bersamaan dengan fase pemulihan dari peristiwa sebelumnya. Seluruh kegiatan pada fase mitigasi ditujukan semoga dampak dari peristiwa yang serupa tidak terulang.
b. Kesiapsiagaan
Merupakan perencanaan terhadap cara merespons insiden bencana. Dalam fase ini perencanaan yang dibentuk oleh forum penanggulangan peristiwa tidak hanya berkisar pada peristiwa yang pernah terjadi pada masa lalu, tetapi juga untuk banyak sekali jenis peristiwa lain yang mungkin terjadi.
c. Respon
Merupakan upaya meminimalkan ancaman yang diakibatkan oleh terjadinya bencana. Fase ini berlangsung sesaat sehabis terjadi peristiwa dan dimulai dengan mengumumkan insiden peristiwa serta mengungsikan masyarakat.
d. Pemulihan
Merupakan upaya pengembalian kondisi masyarakat sehingga menjadi menyerupai semula. Pada fase ini pekerjaan utama yang dilakukan masyarakat dan petugas ialah menyediakan kawasan tinggal sementara bagi korban peristiwa dan membangun kembali sarana dan prasarana yang rusak. Selama masa pemulihan ini, dilakukan pula penyelamatan terhadap langkah-langkah penanganan peristiwa yang telah dilakukan.

88. Berilah pola peristiwa gempa bumi yang terjadi di Indonesia!
Jawaban: gempa Padang, Sumatera Barat (2009), gempa pulau Nias, Sumatera Utara (2005), Gempa Pulau Bali (1917), Gempa pulau Donggala, Sulawesi Tengah (2018), Gempa Jogjakarta, Jawa Tengah (2006), Gempa Aceh (2004).

89. Jelaskan yang dimaksud mitigasi?
Jawaban: dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007, mitigasi didefinisikan sebagai serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

90. Jelaskan kiprah dari PVMBG!
Jawaban: melakukan penelitian, penyelidikan, perekayasaan dan pelayanan di bidang vulkanologi dan mitigasi peristiwa geologi.

91. Jelaskan pengertian peristiwa alam?
Jawaban: insiden atau rangkaian yang mengancam dan menggangu kehidupan serta penghidupan orang-orang yang diakibatkan oleh faktor alam dan/atau faktor insan sehingga mengakibatkan munculnya korban jiwa, rusaknya lingkungan, kerugian harta benda serta imbas psikologis.

92. Bagaimanakah gejala gunung akan meletus?
Jawaban: gunung berapi yang akan meletus sanggup diketahui melalui beberapa tanda, antara lain:
a. suhu di sekitar gunung naik
b. mata air menjadi kering
c. sering mengeluarkan bunyi gemuruh, kadang disertai getaran (gempa)
d. flora di sekitar gunung layu
e. hewan di sekitar gunung bermigrasi

93. Apakah yang dimaksud gempa bumi tektonik?
Jawaban: gempa bumi tektonik ialah gempa bumi yang disebabkan oleh adanya kegiatan tektonik, yaitu pergeseran lempeng-lempeng tektonik secara mendadak yang memiliki kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempa bumi ini banyak mengakibatkan kerusakan atau petaka di bumi, getaran gempa bumi yang berpengaruh bisa menjalar keseluruh penggalan bumi.

94. Jelaskan yang dimaksud tornado?
Jawaban: Tornado merupakan pusaran udara yang bergerak cepat dan berbentuk corong spiral

95. Pernakah wilayah Indonesia mengalami tsunami? Kapan?
Jawaban: pernah, diantaranya tsunami pernah terjadi
a. Tsunami Sulteng, 1968
b. Tsunami Sumba, 1977
c. Tsunami Flores, Nusa Tenggara Timur, 1992
d. Tsunami Banyuwangi, Jawa Timur, 1994
e. Tsunami kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah, 2000
f. Tsunami Aceh, 2004
g. Tsunami Pangandaran, 2006
h. Tsunami Palu, 2018

Lanjut ke soal nomor 96-110 => Contoh Soal Essay Geografi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-8
Advertisement

Iklan Sidebar