'/> Jumlah Provinsi Di Indonesia Beserta Gambar Dan Penjelasan

Info Populer 2022

Jumlah Provinsi Di Indonesia Beserta Gambar Dan Penjelasan

Jumlah Provinsi Di Indonesia Beserta Gambar Dan Penjelasan
Jumlah Provinsi Di Indonesia Beserta Gambar Dan Penjelasan

Jumlah Provinsi di Indonesia – Indonesia ialah negara kepulauan serta kesatuan tempat kekuasaan yang sangat luas. Luas keseluruhan dari bab wilayah teritorial Indonesia sanggup mencapai lebih dari 1.905 juta km².


Sungguh-sungguh merupakan sebuah anugerah yang luar biasa dari Tuhan yang sudah menyerahkannya kepada kita selaku penduduk Indonesia. Maka patut bagi kita untuk bersyukur.


Adapun pengelompokan serta pembagian tempat provinsi di Indonesia sudah mengalami sejumlah fase pemekaran. Di tahun 1945, terdapat hanya 8 provinsi saja dalam pembagian provinsi Indonesia mencakup Sumatra Jawa Barat Jawa Timur Jawa Tengah Sunda Kecil Sulawesi Borneo dan Maluku.


Kemudian selanjutnya ketika di tahun 1949 lagi lagi dirancang suatu pergantian di sejumlah wilayah. Pada masa ini Indonesia didaulat dan disahkan menjadi negara Republik Indonesia yang berupa Serikat. Ataukah cara pula kita kenal sebagai negara Republik Indonesia Serikat RIS.



Jumlah Provinsi Di Indonesia


Indonesia ialah negara kepulauan serta kesatuan tempat kekuasaan yang sangat luas Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Gambar dan Penjelasan
via blogspot.com

Junlah provinsi di Indonesia sendiri di Indonesia totalnya ada 35. Berikut beberapa daftarnya:


Kepulauan di Pulau Sumatera


1. Provinsi Aceh / Nangroe Aceh Darussalam Dengan Ibukota Banda Aceh


2. Provinsi Sumatera Barat Dengan Ibukota Padang


3. Provinsi Sumatera Utara Dengan Ibukota Medan


4. Provinsi Kepulauan Riau Dengan Ibukota Tanjung Pinang


5. Provinsi Riau (Daratan) Dengan Ibukota Pekanbaru


6. Provinsi Jambi Dengan Ibukota Jambi


7. Provinsi Sumatera Selatan Dengan Ibukota Palembang


8. Provinsi Bangka Belitung Dengan Ibukota Pangkal Pinang


9. Provinsi Bengkulu yang Dengan Ibukota Bengkulu


10. Provinsi Lampung Dengan Ibu kota Bandar Lampung


Kepulauan di Pulau Jawa 


11. Provinsi DKI Jakarta Dengan Ibu kotanya Jakarta. 


12. Provinsi Jawa Barat Dengan Ibu kotanya Bandung


13. Provinsi Jawa Tengah Dengan Ibu kotanya Semarang


14. Provinsi Jawa Timur Dengan Ibu kotanya Surabaya


15. Provinsi Banten Dengan Ibu kotanya Serang


16. Provinsi DI Yogyakarta Dengan Ibu kotanya Yogyakarta


Kepulauan di Pulau Bali dan Nusa Tenggara 


17. Provinsi Bali Dengan Ibu kotanya di Denpasar


18. Provinsi Nusa Tenggara Timur Dengan Ibu kotanya di Kupang


19. Provinsi Nusa Tenggara Barat Dengan Ibu kotanya di Mataram


Kepulauan di Pulau Kalimantan 


20. Provinsi Kalimantan Barat Dengan Ibu kotanya di Pontianak


21. Provinsi Kalimantan Utara Dengan Ibu kotanya di Tanjung Selor


22. Provinsi Kalimantan Selatan Dengan Ibu kotanya di Banjarmasin


23. Provinsi Kalimantan Tengah Dengan Ibu kotanya di Palangkaraya


24. Provinsi Kalimantan Timur Dengan Ibu kotanya di Samarinda


Kepulauan di Pulau Sulawesi 


25. Provinsi Sulawesi Barat Dengan Ibu kotanya : Mamuju


26. Provinsi Sulawesi Tengah Dengan Ibu kotanya : Palu


27. Provinsi Sulawesi Utara Dengan Ibu kotanya : Manado


28. Provinsi Sulawesi Tenggara Dengan Ibu kotanya : Kendari


29. Provinsi Gorontalo Dengan Ibu kotanya di Gorontalo


30. Provinsi Sulawesi Selatan Dengan Ibu kotanya :  Makassar


Kepulauan di Kepulauan Maluku dan Papua 

31. Provinsi Maluku Ibukotanya : Ambon


32. Provinsi Maluku Utara Ibukota : Ternate


33. Provinsi Papua Barat Ibukotanya : Manokwari


34. Provinsi Papua Ibukotanya : Jayapura


35. Provinsi Teluk Cendrawasihibukotanya : Serui


Daerah spesial Yogyakarta


Indonesia ialah negara kepulauan serta kesatuan tempat kekuasaan yang sangat luas Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Gambar dan Penjelasan
ugm.ac.id

Mulai dari provinsi inilah lalu pelabelan nama Daerah spesial Yogyakarta diberikan bagi provinsi yang masih menerapkan sistem pemerintahan Kesultanan hingga ketika kini ini. Tidak hanya itu saja pada tahun ini juga wilayah yang sangat luas selain provinsi Jawa yaitu Sumatra dipecah menjadi tiga provinsi besar.


Beberapa provinsi-provinsi tersebut misalnya ialah Sumatera Tengah Sumatera Utara dan Sumatera Selatan, jadi total jumlah ketika itu yakni hanya 11 provinsi.


Lalu selanjutnya di tahun 1953 provinsi Borneo lalu diubah namanya menjadi Kalimantan. Namun hingga ketika kini istilah Borneo tetap digunakan dan diucapkan oleh orang-orang barat untuk mengatakan pulau Kalimantan.


3 tahun berselang yaitu sekitar tahun 1956 si Aceh mulai terbentuk dan memisahkan daerahnya kekuasaannya dari provinsi Sumatera Utara.


Wilayah Pulau Kalimantan


Indonesia ialah negara kepulauan serta kesatuan tempat kekuasaan yang sangat luas Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Gambar dan Penjelasan
vjv.com

Sementara di wilayah Kalimantan sendiri gres memulai menerapkan pemekaran. Dengan memecah Kalimantan menjadi 3 provinsi pada selesai tahun 1956, ada 3 provinsi yang lalu mencakup mantan Timur Kalimantan Selatan serta Kalimantan Barat. Kaprikornus jumlah provinsi di pulau Kalimantan ketika itu yaitu berjumlah 11 provinsi.


Di tahun 1958 diterapkan lagi pemekaran. Sumatera menerapkan pemekaran jangan memecah provinsi Sumatera Tengah menjadi tiga provinsi mencakup Jambi Riau dan terakhir Sumatera Barat. Pada tahun yang sama ada lagi pemekaran terhadap Provinsi Sunda Kecil.


Adapun Provinsi Sunda Kecil dipecah menjadi tiga provinsi mencakup Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur dan terakhir ialah provinsi Bali. Kaprikornus total jumlah provinsi di tahun 1958 ialah 18 provinsi yang merata di semua wilayah Indonesia.


Di tahun 1959 kalimantan Selatan dipecah dan Salah satu hasil pemekaran tersebut yaitu terbentuklah Provinsi Kalimantan tengah. Sementara di pulau Sumatera di selesai jawaban tahun 1959 Aceh di daulat menjadi Daerah spesial sama menyerupai Yogyakarta dan dinamakan Daerah spesial Aceh alasannya ialah provinsi tersebut melakukan syariat Islam untuk sumber hukumnya. Oleh lantaran itu sehingga di tahun tersebut terdapat 19 provinsi di wilayah kesatuan Indonesia.


Tahun selanjutnya yaitu yaitu di tahun 1960 lalu wilayah Sulawesi dipecah menjadi dua provinsi yakni Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Kaprikornus total jumlah provinsi hingga tahun tersebut berjumlah 19 provinsi


Berdirinya DKI Jakarta


Indonesia ialah negara kepulauan serta kesatuan tempat kekuasaan yang sangat luas Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Gambar dan Penjelasan
ourglobaltrek.com

Lalu Setahun lalu yaitu tepatnya 1961 Masehi ibuku kini yakni Kota Jakarta tato yang luna dinamakan Batavia secara resmi memisahkan diri dari provinsi Jawa Barat dan mengakibatkan dirinya sebagai provinsi tersendiri. Selain itu Jakarta diserahkan sebutan dengan nama tempat khusus Ibukota Jakarta Raya. Kaprikornus hingga ketika itu total provinsi Indonesia berjumlah 21.


Pada tahun selanjutnya yaitu di tahun 1964 terbentuk kembali provinsi-provinsi gres di Pulau Sumatera dan Sulawesi mencakup provinsi Lampung hasil pemekaran Sumatera Selatan dilanjut Provinsi Sulawesi Tengah yang merupakan hasil pemekaran provinsi Sulawesi Utara dan terakhir Sulawesi Tenggara yang merupakan buah dari pemekaran Sulawesi Selatan.


Dengan begitu total provinsi di indonesia di tahun 1964 berjumlah 24 provinsi. Pada ketika yang sama harta secara resmi disebut sebagai ibukota Republik Indone


Provinsi Bengkulu



Indonesia ialah negara kepulauan serta kesatuan tempat kekuasaan yang sangat luas Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Gambar dan Penjelasan
thejakartapost.com


Di tahun 1968 Masehi, diterapkan kembali pembagian wilayah pulau Sumatera, Kemudian menghasilkan beberapa hasil pemekaran sumatera Selatan, salah satunya ialah jadinya Provinsi Bengkulu. Dengan penambahan Bengkulu sebagai provinsi yang baru, maka total provinsi di Indonesia pada tahun 1968 berjumlah 25 provinsi.


Pada tahun 1969, setelah terselengaranya Pepera (Penentuan Pendapat Rakyat), dengan resmi wilayah Irian Barat dijadikan termasuk dari wilayah dari NKRI dan termasuk juga salah satu provinsi di Indonesia, maka total provinsinya berjumlah 26.


Provinsi Timor Timur


Indonesia ialah negara kepulauan serta kesatuan tempat kekuasaan yang sangat luas Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Gambar dan Penjelasan
amazingpict.com


Di tahun 1973 terjadi pemugaran nama Provinsi Irian Barat yang lalu berganti menjadi Irian Jaya. Saat selesai tahun 1975, Indonesia sukses mengendalikan wilayah Timor Timur yang selanjutnya pada tahun 1976, secara resmi Timor Timur ialah bab dari wilayah NKRI dan merupakan salah satu provinsi Indonesia, maka total provinsi di Indonesia berjumlah 27 provinsi.


Akan tetapi, sayang beribu sayang sekitar tahun 1999, diselenggarakan pemungutan pendapat (referendum) di Timor Timur, yang lalu sebagaimana yang kita ketahu hingga ketika ini, bahwa pada kesudahannya Timor Timur secara resmi tidak termasuk lagi wilayah NKRI, dan menciptakan negara sendiri dengan nama Timur Leste.


Tetapi di tahun ini juga kembali terjadi pemekaran kembali. Pada selesai tahun 1999, kepulauan Maluku di mekarkan lagi menjadi 2 Provinsi. Yaitu Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Maluku yang dulunya merupakan provinsi tunggal di wilayah kepulauan Maluku ini. Sehingga Jumlah provinsi di Indonesia menjadi 27.


Provinsi Banten


Indonesia ialah negara kepulauan serta kesatuan tempat kekuasaan yang sangat luas Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Gambar dan Penjelasan
banten.prov

Di awal tahun 2000, Provinsi Irian Jaya namanya diubah dengan nama gres yaitu Provinsi Papua. Sementara di Pulau Jawa, terbentuk Provinsi baru. Banten secara resmi menjadi provinsi tersendiri, memisahkan diri dari Provinsi Jawa Barat yang lalu populer dengan panggilan Bumi Sunda.


Jadi total Jumlah provinsi di Indonesia menjadi 28.


Di tahun 2001, dilakukan kembali pemekaran. Yang mana Kepulauan Bangka Belitung lalu dipisahkan dari Sumatera Selatan serta Gorontalo dipisahkan dari Sulawesi Utara. Di tahun yang sama pula diadakan perubahan nama Daerah spesial Aceh menjadi nama gres yaitu Nanggroe Aceh Darussalam.


Di waktu hingga kini kini, aceh diserahkan kewenangan dalam mengadakan Otonomi yang khusus, yang mana uniknya, provinsi ini menggabungkan Undang-undang pemerintah sentra dengan syariat Islam. Provinsi Papua sekaligus pula diserahkan status Otonomi Khusus, didasarkan dengan kehidupan sosial budaya di sana.


Di tahun 2003, Provinsi Papua yang terlihat daerahnya yang sangat luas dengan hanya satu provinsi kesudahannya oleh pemerintah dimekarkan. Irian Jaya Barat dibuat yang merupakan hasil pemekaran Provinsi Papua, jadi ketika itu total keseluruhan jumlah provinsi di Indonesia berjumlah 31 provinsi.


Satu tahun sesudahnya, sempurna di tahun 2004, jumlah provinsi di Indonesia mencapai 33 provinsi. Lagi lagi secara resmi didirikan 2 provinsi baru, yakni Kepulauan Riau yang dari hasil pemekaran Provinsi Riau, dan Sulawesi Barat dari hasil pemekaran Sulawesi Selatan.


Di tahun 2007, Provinsi Irian Jaya Barat yang gres dibuat pada tahun 2003 dan berganti namanya jadi Provinsi Papua Barat. Oleh alasannya ialah itu, jadi total jumlah provinsi di Indonesia ada 33 provinsi hingga ketika ini.


Begitulah pembagian jumlah provinsi di Indonesia dari waktu ke waktu. Semoga sanggup memperluas cakrawala kita, dan mengakibatkan kita bertambah bersyukut dengan segala hal yang sudah dianugerahkan ke kita.


Advertisement

Iklan Sidebar